Abu Talhah


 

Kedermawanan Abu Talhah tercermin dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Anas r.a., berikut:
Dari Anas r.a., ia berkata, "Abu Talhah r.a. adalah salah seorang sahabat Ansar yang paling banyak hartanya di Madinah. Dia memiliki beberapa kebun kurma yang luas. Adapun yang paling ia sukai dari kebun-kebun tersebut adalah kebun Bairuha' yang berhadapan dengan masjid. Rasulullah SAW sering masuk ke kebun itu dan  minum air sumbernya yang jernih." Selanjutnya, Anas berkata, "Tatkala turun ayat, 'Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebaikan(pahala) sehingga kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu senangi', datanglah Abu Talhah menghadap Rasulullah SAW seraya berkata, "Wahai Rasulullah, sungguh Allah telah berfirman, 'Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebaikan(pahala) sehingga kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu senangi', sedangkan harta yang paling aku senangi adalah kebun Bairuha'. Oleh karena itu, aku sedekahkan harta itu karena Allah Ta'ala, aku mengharapkan semoga menjadi kebaikan dan tabunganku disisi Allah . Aku mohon kepadamu untuk menyalurkan kebun itu menurut petunjuk yang diberikan Allah kepadamu. "Rasulullah menjawab, "itulah harta yang membawa keuntungan, itulah harta yang membawa keuntungan. Aku telah mendengar apa-apa yang kamu katakan dan aku berpendapat bahwa lebih baik adalah kamu menyedekahakan kebun itu kepada sanak kerabat." Abu Talhah berkata, "Aku akan melakukannya, wahai Rasulullah." Kemudian, harta itu dibagi-bagikan untuk sanak kerabatnya dan anak-anak pamannya. (H.R. al-Bukhari dan Muslim)

0 komentar:

cerdas tanpa batas

Curious Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Thanks to Business Opportunity, Highest CD Rates and Registry Software